Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2015 tanggal 27 April 2015, tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Pusat Diklat SDM Ketenagakerjaan merupakan unsur pendukung tugas Kementerian Ketenagakerjaan di Bidang Pendidikan dan Pelatihan SDM Ketenagakerjaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Ketenagakerjaan melalui Sekretaris Jenderal.

Pusat Diklat SDM Ketenagakerjaan mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan di bidang ketenagakerjaan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh menteri dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas tersebut di atas, Pusat Diklat SDM Ketenagakerjaan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyiapan penyusunan kebijakan teknis, rencana, program dan anggaran pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan di bidang ketenagakerjaan;
  2. Penyiapan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan di bidang ketenagakerjaan;
  3. Penyiapan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan di bidang ketenagakerjaan;
  4. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat.

Pusat Diklat SDM Ketenagakerjaan merupakan satuan unit kerja Eselon II yang terdiri dari 3 (tiga) Eselon III, yaitu :

  • Bagian Tata Usaha;
  • Bidang Program dan Evaluasi;
  • Bidang Penyelenggaraan;

Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan organisasi kepegawaian, organisasi dan tata laksana, keuangan, tata usaha, rumah tangga, kearsipan dan dokumentasi, serta pengelolaan barang milik negara dan rumah tangga Pusat.

Dalam melaksanakan tugas tersebut diatas, Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan pelaksanaan administrasi kepegawaian, organisasi dan tata laksana Pusat;
  2. Penyiapan bahan pelaksanaan tata usaha, kearsipan dan urusan rumah tangga Pusat;
  3. Penyiapan bahan pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan;
  4. Pelaksanaan administrasi keuangan, pengujian Surat Permintaan Pembayaran (SPP), penerbitan Surat Perintah Pembayaran (SPM), serta penyiapan bahan laporan sistem akuntansi keuangan dan sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara di lingkungan Pusat.

Bidang Program dan Evaluasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana, program dan anggaran, serta evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut di atas, Bidang Program dan Evaluasi menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan penyusunan rencana, program dan anggaran pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan;
  2. Penyiapan bahan penyusunan kurikulum, silabus dan tenaga pengajar, bahan pelatihan, metode pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan;
  3. Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan.

Bidang Penyelenggaraan mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, fungsional dan kerja sama, pemanggilan peserta, serta teknis dan penjenjangan di bidang ketenagakerjaan.

Dalam melaksanakan tugas tersebut di atas, Bidang Penyelenggaraan menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, serta teknis dan penjenjangan di bidang ketenagakerjaan;
  2. Penyiapan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan fungsional bidang ketenagakerjaan;
  3. Penyiapan pelaksanaan kerjasama penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan SDM Ketenagakerjaan.